Seorang muslim terhadap muslim lainnya bagaikan

Seorang muslim terhadap muslim lainnya bagaikan …
a.satu bangunan
b.satu ikatan
c.satu tujuan
d.satu hati
e.satu pemahaman​

Seorang muslim terhadap umat muslim lainnya bagaikan satu bangunan. Hal ini sesuia dengan salah satu hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh imam muslim. Lafadz matan hadis tersebut adalah الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا, di mana terjemahan lafadz hadis tersebut adalah Orang mukmin dengan orang mukmin yang lain seperti sebuah bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain. Sehingga pilihan jawaban yang benar adalah A. Satu bangunan.

Pembahasan
Dalam hadis tersebut menjelaskan tentang pentingnya persaudaraan yang terjadi antar umat islam. Umat islam dengan umat islam lainnya harus saling tolong menolong dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan memperlakukan umat islam lainnya dengan baik.

Perilaku tolong menolong juga terdapat dalil naqlinya di dalam ayat Al Qur’an. Ayat Al Qur’an yang menyebutkan tentang perilaku tolong menolong adalah firman Allah yang terdapat di dalam surah Al Maidah ayat yang ke 2. Lafadz potongan ayat yang menjelaskan tentang perilaku tolong menolong adalah وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖ.

Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa umat islam harus selalu tolong menolong dalam hal kebaikan dan menjauhi perilaku tolong menolong dalam hal keburukan.

Contoh perilaku tolong menolong dalam hal kebaikan yang harus dilakukan oleh seorang yang beragama islam adalah menolong orang miskin atau orang fakir memenuhi kebutuhan pokok mereka atau memberikan makanan kepada orang yang kelaparan. Sedangkan contoh tolong menolong dalam hal keburukan yang harus dihindari oleh setiap orang yang beragama islam adalah membantu teman menyontek pada saat ujian atau membantu memberikan uang kepada pencuri yang ingin melakukan aksinya.