Perkembangan perhimpunan indonesia menjadi organisasi politik

Perkembangan perhimpunan indonesia menjadi organisasi politik merupakan hasil usaha ?

Pembahasan :
Perkembangan perhimpunan Indonesia menjadi organisasi poitik, merupakan hasil usaha dari perhimpunan mahasiswa Indonesia di Belanda. 1908 didirikanya organisasi perhimpunan mahasiswa Indoensia di Belanda (Indische Vereniging). Bung Hatta, Notoningrat, R.P Sosrokartono, Sumitro Kolopangking dan beberapa dan beberapa rekan mahasiswa Hidia Belanda mendirikan Perhimpunan Indonesia sebagai wadah untuk bertukar pikiran mahasiswa.

Tujuan Perhimpunan Indonsia ukan lagi sebagai wadah para mahasiswa saja, lambat laun berubah menjadi pemerintahan sendiri yang hanya bertujuan untuk Indonesia saja, Perhimpunan Indoensia bergerak dengan tiga asas yaitu :

Indoneisa merupakan nasib tanpa campur tangan pihak lain.
Indonesia akan bersatu untuk mencapai kemerdekaan dari penjajah Belanda.
Indonesia akan belajar secara mandiri untuk dapat mencapai persatuan yang digunakan sebagai alat melawan kolonialisme Belanda.
Moh. Hatta merupakan salah satu tokoh yang paling berpeengaruh di Perhimpunan Indonesia. Perwujudan dari sikap Bung Hatta terhadap Perhimpunan Indonesia, yaitu :

Demi meraih kemerdekaan organisasi Perhimpunan Inonesia harus dapat membuktikan kesalahan Belanda yang meremhkan Indonesia untuk mencapai kemerdekaanya.
Ideologi yang dipakai bebas.
Untuk mencapai kemerdekaan para mahasiswa Perhimpunan Indonesia harus bersatu untuk mencapai kemerdekaan