Yang termasuk putusan kongres sumpah pemuda adalah

Yang termasuk putusan kongres sumpah pemuda adalah

Putusan Kongres Sumpah pemuda :

1) Menetapkan Pancasila.
2) Ikrar Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.
3) Menetapkan presiden dan wakil presiden.
Pembahasan :

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Makna utama dari sumpah pemuda adalah sebuah pematri jati diri bangsa. Kemudian di dalamnya terdapat keinginan seluruh bangsa Indonesia untuk bersatu dan bersama dalam menumbuhkan dan mengusahakan kedaulatan atau kemerdekaan negara Indonesia.

Kongres Pemuda (ejaan van Ophuysen: Congres Pemoeda) adalah kongres nasional yang pernah diadakan 2 kali di Jakarta (Batavia). Kongres Pemuda I diadakan tahun 1926 dan menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya.

Bunyi Sumpah Pemuda yang masih diingat hingga kini adalah:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Manfaat yang bisa diambil dari makna Sumpah Pemuda adalah tumbuhnya nilai persatuan dan kesatuan dalam diri. Sebab tanpa adanya persatuan, pemuda dan pemudi Indonesia kala itu tak akan bisa menyatukan hati, pikiran, dan pendapat untuk mengikrarkan Sumpah Pemuda.