Pt garuda indonesia dan pt pertamina merupakan contoh

Pt garuda indonesia dan pt pertamina merupakan contoh dari

PT. Garuda Indonesia dan PT. Pertamina merupakan contoh perusahaan-perusahaan yang berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dimana sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

Pembahasan:

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu dari tiga pelaku utama ekonomi di Indonesia selain koperasi dan usaha swasta. Pada awalnya BUMN bernama Perusahaan Negara (PN). BUMN merupakan kumpulan dari perusahan-perusahaan yang dimiliki oleh negara dan usahanya dijalankan oleh negara juga, negara pada posisi ini yang dimaksud adalah pemerintah.

BUMN terbagi menjadi dua jenis, yakni:

Perusahaan Persero (Persero). Pada perusahaan ini sebagian besar sahamnya minimal 51% dimiliki oleh negara. Contoh: PT Kimia Farma Tbk., PT Kereta Api Indonesia, PT Pertamina, PT Garuda Indonesia.
Perusahaan Umum (Perum). Pada perusahaan ini keseluruhan modalnya milik negara dan tidak terbagi atas saham. Contoh: Perum Damri, Perum Bulog, Perum Pegadaian dan Perum Balai Pustaka.