Tenggara dari Indonesia adalah benua

Tenggara dari Indonesia adalah benua

Benua yang terletak dan berbatasan di bagian tenggara Indonesia merupakan benua Australia. Letak Indonesia yang berbatasan dengan benua merupakan letak Indonesia secara geografis.

Pembahasan
Indonesia merupakan negara kepulauan yang secara astronomis wilayahnya dilalui oleh garis khatulistiwa. Letak geografis Indonesia terdiri dari letak astronomis dan letakgeografis.

Letak geografis adalah letak suatu wilayah berdasanyakan letaknya di permukaan bumi. Secara geografis, Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudra. Samudra Hindia berbatasan di bagian selatan dan barat Indonesia. Samudra Pasifik berbatasan dengan wilayah bagian timur laut Indonesia. Benua Asia berada berbatasan dengan wilayah Indonesia di sebelah utara. Sedangkan benua Australia berbatasan di bagian timur dan selatan Indonesia.

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah yang dilihat dan berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis yang melingkari bumi secara horizontal atau menjulang ke atas. Sedangkan garis bujur merupakan garis yang melingkari bumi secara vertikal melalui kutub utara dan kutub selatan atau membentang ke samping.

Letak astronomis Indonesia terletak di antara 6 derajat Lintang Utara (LU) – 11 derajat Lintang Selatan (LS) dan 95 derajat Bujur Timur (BT) – 144 derajat Bujur Timur (BT). Dengan letak astronomis ini, Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa.