Jelaskan Apa makna dari sumpah pemuda?

Jelaskan Apa makna dari sumpah pemuda?

Makna dari Sumpah Pemuda adalah bersatunya para pemuda yang berasal dari berbagai suku bangsa dan agama yang berbeda untuk mencapai kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting yang menyatukan pergerakan perjuangan yang berasal dari latar belakang berbeda ini.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan:

Sumpah Pemuda merupakan ikrar bersama pada akhir Kongres Pemuda II.

Kongres Pemuda II ini diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928, dan keputusannya dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Ketua Kongres Pemuda II dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito (PPPI) dan wakilnya Joko Marsaid (Jong Java). Kengres Pemuda II ini merupakan tindak lanjut dari Kongres Pemuda I, yang dilaksanakan di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda I dilaksanakan dari tanggal 30 April – 2 Mei 1926.

Pada akhir Kongres Pemuda II, para pemuda yang mengucapkan Sumpah Pemuda dan menyatukan perjuangan dari organisasi yang berasal dari latar belakang suku, agama, dan budaya berbeda.

Deklarasi Sumpah Pemuda ini memperkokoh persatuan, semangat kebangsaan dan memperkuat upaya memperjuangan kemerdekaan Indonesia.

Semangat kebangsaan sebelum Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 masih lemah, karena organisasi-organisasi pemuda pada masa ini hanya memperjuangkan kepentingan kelompok, suku bangsa atau agama sendiri

Semangat kebangsaan sesudah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 menjadi kuat, karena organisasi-organisasi pemuda sepakat bersatu untuk memperjuangkan persatuan dan kemerdekaan Indonesia.