Apakah fungsi pancasila bagi bangsa indonesia

Apakah fungsi pancasila bagi bangsa indonesia

PANCASILA merupakan ideologi dasar bagi bangsa Indonesia. Pancasila ini memuat lima sila atau prinsip yang menjadi pedoman hidup bagi bangsa dan negara. Sebagai ideologi dan pedoman hidup, pancasila memiliki sejumlah fungsi yang dijelaskan pada bagian berikut.

» Pembahasan
Berikut ini adalah beberapa fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia:

Pancasila berfungsi sebagai DASAR dari negara Indonesia sehingga diposisikan sebagai landasan dalam mengatur serta menyelenggarakan pemerintahan.
Pancasila berfungsi sebagai SUMBER NILAI, maksudnya adalah bahwa pada setiap sila pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjadi acuan atau dasar berperilaku dan mengambil tindakan.
Pancasila berfungsi sebagai KEPRIBADIAN bangsa Indonesia, maksudnya adalah bahwa pancasila merupakan corak khas yang membedakan Indonesia dengan bangsa lainnya di dunia.
Pancasila berfungsi sebagai sumber segala sumber hukum bagi bangsa Indonesia, maksudnya adalah pancasila menjiwai semua produk hukum yang ada di Indonesia.
Pancasila berfungsi sebagai cita-cita serta tujuan bangsa Indonesia sehingga difungsikan sebagai paradigma pembangunan.
Pancasila berfungsi sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia yang digali dari dalam diri bangsa Indonesia sendiri dan kemudian disepakati oleh rakyat.