Jelaskan secara singkat bentang alam negara malaysia

Jelaskan secara singkat bentang alam negara malaysia

Bentang alam negara malaysia

Negara Malaysia mempunyai luas sekitar 329758 km2, yang terletak di antara 1°LU – 7°LU dan 100°BT – 119°BT, Batas negara Malaysia adalah sebagai berikut:

a. Sebelah utara berbatasan dengan Thailand dan Laut Cina Selatan

b. Sebelah selatan berbatasan dengan Singapura dan Indonesia

c. Sebelah timur berbatasan dengan laut sulawesi dan Indonesia

d. Sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka

Bentang Alam

Sebagian besar wilayah Malaysia bagian Barat terletak pada ketinggian lebih dari 180 meter diatas permukaan air laut. Puncak tertingginya adalah Gunung Tahan dan sungai terpanjang adalah Sungai Pahang. Wilayah Malaysia beriklim laut khatulistiwa atau bersifat tropis iklim ini ditandai dengan suhu udara yang tinggi dengan curah hujan yang lebat wilayah Malaysia dipengaruhi oleh musim kabut tebal selalu menyelimuti Gunung Kinabalu dan dataran tinggi Cameron.

Sebagian besar wilayah Malaysia bagian timur terletak pada ketinggian lebih dari 500 meter diatas permukaan air laut. Puncak tertingginya adalah Gunung Kinabalu dan sungai terpanjang adalah sungai Rajang.

Penjelasan: bentang alam negara Malaysia berupa Gunung, dan Sungai. Puncak tertingginya adalah Gunung Tahan dan sungai terpanjang adalah Sungai Pahang(wilayah Malaysia bagian barat) sememntara wilayah bagian timur puncak tertingginya adalah Gunung Kinabalu dan sungai terpanjang adalah sungai.