JELASKAN secara SINGKAT proses terbentuknya BENUA

JELASKAN secara SINGKAT proses terbentuknya BENUA!!!

Proses terbentuknya benua merupakan sesuatu yang berkaitan dengan salah satu teori pembentukkan kulit bumi yaitu Teori Apungan Benua yang dikemukakan oleh Alfred Wegener (1912).

Pembahasan
Terbentuknya kulit bumi ini memiliki sejarahnya, yang dikemukakan dalam beberapa teori, diantaranya yakni Teori Kontraksi oleh Descretes (1596 – 1650), Teori Dua Benua oleh Edward Zuess ( 1884), Teori Apungan Benua oleh Alfred Wegener (1912), dan juga teori lempeng tektonik oleh Tozo Wilzon (1968).

Ditanyakan :

JELASKAN secara SINGKAT proses terbentuknya BENUA!

Penjelasan
Berikut penjelasan proses terbentuknya benua, yang akan di jawab dalam dua jawaban ( jawaban singkat dan jawaban panjang).

Pembentukan benua berkaitan dengan Teori Apungan Benua atau Teori Pergeseran Benua ( Continental Drift Theory ) oleh Alfred Wegener.

⇒ Jawaban Singkat

Bumi pada awalnya hanya terdapat satu benua yang maha besar ( Pangea ) serta satu lautan yang sangat luas ( Panthalessa ). Pangea tersebut kemudian terpecah menjadi benua, lalu pecahan benua terus bergeser ke arah barat disebabkan gerakan rotasi bumi yang sentrifugal.

⇒ Jawaban Panjang

Bumi pada awalnya hanya terdapat satu benua yang maha besar ( Pangea ) serta satu lautan yang sangat luas ( Panthalessa ). Pangea tersebut kemudian terpecah menjadi benua yakni Benua Leurasia dan Goondwana.

Lalu pecahan benua terus bergeser disebabkan gerakan rotasi bumi yang sentrifugal.

Leurasia bergerak ke arah utara kemudian menjadi Benua Amerika Utara,
Sedangkan Gondwana menjadi Amerika selatan ( Gondwana sebelah barat),
Benua Afrika ( Gondwana sebelah timur),
Wilyah India lalu terbentuk dari pergerakan bagian kecil Gondwana sebelah timur.
Benua Asia dan Benua Eropa terbentuk dari bagian Eurasia,
Benua Antartika dihasilkan dari pecahan yang mengapung ke selatan,
serta Benua Australia terbentuk dari pecahan benua yang bergerak ke timur
Hal – hal yang mendukung teori pembentukan benua ini adalah adanya kesamaan garis pantai antara Afrika Bagian Barat dengan Amerika Selatan bagian timur, serta terdapat kesamaan fosil di daerah sisi benua tersebut, yakni fosil mesosaurus.

Kesimpulan :

Benua terbentuk dari hasil pecahan Pangea menjadi Leurasia dan Gondwana, kemudian keduanya terus bergerak membentuk Eurasia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, India dan juga Australia.