Benua paling kecil dan paling luas masing masing adalah​

Benua paling kecil dan paling luas masing masing adalah​

Benua paling kecil dan paling luas masing-masing yaitu :

Di dunia ini terdapat beberapa benua yang berbeda ukurannya. Lalu untuk benua yang yang terkecil di dunia adalah benua Australia sedangkan untuk benua yang paling luas wilayahnya atau terbesar adalah benua Asia.

Pembahasan
Benua merupakan sebuah daratan luas yang mempunyai karakteristik kebudayaan tertentu. Di dunia ini terdapat 5 benua utama. Berdasarkan luasnya, berikut ini adalah urutan benua yang ada di dunia diantaranya benua Asia, benua Amerika, benua Afrika, benua Eropa, dan benua Australia. Dan dari beberapa benua tersebut tentunya memiliki letak astronomis dan geografis yang berbeda. Misalnya luas wilayah setiap benua yang berbeda, dan berikut adalah luas wilayah benua-benua yang ada di dunia diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil :

Benua Asia, benua yang memiliki luas wilayah sekitar 44.000.000 km².
Benua Amerika, benua yang memiliki luas wilayah sekitar 42.057.100 km².
Benua Afrika, benua yang memiliki luas wilayah sekitar 30.290.000 km².
Benua Eropa, benua yang memiliki luas wilayah sekitar 10.355.000 km².
Benua Australia, benua yang memiliki luas wilayah sekitar 8.945.000 km².
Salah satu benua terbesar didunia adalah benua Asia dengan Letak Astronomisnya terletak antara 77º LU – 11º LS dan 26º BT – 169º BT. Yang mana dalam hal ini yang menyebabkan Benua Asia memiliki iklim tropis basah dan tertutup oleh hutan hujan tropis. Namun selain itu juga Benua ini mempunyai lima jenis iklim yaitu : Iklim Tropis, Iklim Dingin, Iklim Darat, Iklim Mediteran, Iklim Kutub, Iklim Pegunungan, Iklim Subtropis dan Iklim Sedang. Benua asia sendiri terbagi menjadi beberapa wilayah diantaranya : Kawasan Asia Timur, Asia Barat, Asia Utara, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Tengah.

Sedangkan untuk benua Australia secara astronomis terletak pada113 BT – 155 BT dan 10 LS – 43 LS, adapun untuk ibukota Australia adalah Cambera dengan memiliki bentuk pemerintahan monarki konstitusional dan bentuk negaranya yang federasi dengan kepala negara adalah Ratu atau Raja Inggris.