Ideologi merupakan wawasan atau pandangan hidup mengenai

Ideologi merupakan wawasan atau pandangan hidup mengenai
a. pola tingkah laku bangsa
b. tujuan dan cita-cita bangsa
c. kebijakan pemerintah
d. kebangsaan atau kenegaraan​

Ideologi merupakan wawasan atau pandangan hidup mengenai b. tujuan dan cita-cita bangsa. Ideologi juga dapat berarti suatu tuntunan hidup, serta penerapan falsafah hidup dari suatu bangsa. Dalam hal ini, ideologi yang dipakai di negara kita adalah ideologi Pancasila.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan
Kedudukan Pancasila selain menjadi dasar negara, juga adalah sebagai ideologi bangsa Indonesia. Hal ini dibuktikan dalam tiap butir-butir Pancasila mulai dari sila pertama hingga sila kelima.

Pancasila juga berfungsi sebagai landasan hukum negara Indonesia karena mengatur tentang hak, kewajiban, hukum, hingga norma yang diatur untuk masyarakatnya sebagai warga bangsa yang berkedaulatan.

Adapun kedudukan Pancasila selain menjadi ideologi bangsa, dasar negara, dan landasan hukum negara adalah sebagai pedoman tindakan dan perbuatan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, dan jiwa serta kepribadian bangsa Indonesia.

Penerapan Pancasila di kehidupan kita tidaklah sulit, namun tetap saja masih banyak yang enggan dan acuh untuk menanamkan serta menerapkan Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Hal ini menyebabkan masih banyaknya konflik dengan isu SARA hingga pertumpahan darah dikarenakan tidak menjunjung nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara.