peran serta nelayan dalam menjaga keseimbangan alam

Bagaimana peran serta nelayan dalam menjaga keseimbangan alam

Dalam menjaga keseimbangan alam, berikut adalah peran dari para nelayan:

Tidak menggunakan bom ikan untuk menangkap ikan.
Tidak menggunakan pukat harimau untuk menangkap ikan.
Tidak menangkap ikan yang dilindungi oleh pemerintah karena populasinya yang sudah tinggal sedikit.
Melakukan transplantasi terhadap terumbu karang yang rusak.
Tidak menangkap ikan yang memiliki telur untuk menjaga populasi ikan.
Tidak menangkap ikan dengan jumlah yang terlalu besar.
Tidak menggunakan bahan kimia untuk menangkap ikan.

Pembahasan
Nelayan adalah salah satu pekerjaan yang cukup umum di Indonesia karena Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam laut yang memang luar biasa. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara maritim sehingga banyak penduduknya yang menggunakan sumber daya alam laut sebagai mata pencahariannya. Dalam pekerjaannya, para nelayan akan melakukan interaksi dengan lingkungan alam secara langsung agar bisa mendapatkan ikan atau sumber daya alam laut lainnya. Interaksi nelayan dengan lingkungan alam ini harus dilakukan secara bijaksana agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem laut.

Berikut adalah beberapa tindakan nelayan yang bisa merusak ekosistem laut:

Menggunakan bom ikan: penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan dengan jumlah yang besar ini akan merusak ekosistem laut secara langsung karena ledakan yang dihasilkan oleh bom ikan ini akan merusak terumbu karang yang menjadi rumah bagi banyak hewan laut dan juga akan mematikan ikan-ikan yang masih kecil.
Menggunakan pukat harimau: penggunaan jaring dengan sekat kecil ini bisa dibilang lebih berbahaya bagi ekosistem laut ketimbang bom ikan karena pada saat ditarik, pukat harimau ini akan merusak segala sesuatu yang berada di dasar laut. Bahaya utama dari penggunaan pukat harimau ini adalah rusaknya terumbu karang.
Menangkap ikan dengan jumlah terlalu banyak: tindakan yang semata-mata hanya untuk mendapatkan keuntungan ini bisa mengurangi populasi ikan secara drastis karena ikan-ikan tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak. Dalam jangka panjang, dampak dari hal ini adalah adanya kepunahan.