Jelaskan karakteristik wilayah daratan dan perairan indonesia

Jelaskan karakteristik wilayah daratan dan perairan indonesia

Karakteristik wilayah daratan Indonesia adalah berupa kepulauan dengan relief yang beragam. Sedangkan karakteristik wilayah perairan Indonesia adalah memiliki wilayah perairan yang berupa perairan darat dan laut dengan suhu hangat sehingga banyak terdapat potensi sumber daya alam. Karakteristik wilayah daratan dan wilayah perairan Indonesia berkaitan dengan letak Indonesia secara geologis dan maritim.

Pembahasan
Indonesia adalah negara kepulauan yang merupakan bagian dari benua Asia. Secara astronomis, Indonesia terletak di 6° LU – 11 ° LS serta 95° BT – 141° BT. Akibat dari letak astronomis tersebut adalah sebagai berikut:

Indonesia beriklim tropis dengan intensitas penyinaran matahari sepanjang tahun serta memiliki curah hujan yang tinggi.
Indonesia terbagi menjadi 3 daerah waktu, yaitu waktu Indonesia bagian barat (WIB), waktu Indonesia bagian tengah (WITA), dan waktu Indonesia bagian timur (WIT).
Pelajari lebih lanjut tentang letak astronomis Indonesia di: brainly.co.id/tugas/13002302.

Perlu kamu ketahui bahwa selain letak astromis, letak Indonesia juga dibedakan berdasarkan penjelasan berikut ini:

Letak geografi, merupakan letak berdasarkan kondisi sebenarnya di muka bumi. Secara geografis Indonesia terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) serta dua samudera (Hindia dan Pasifik).
Letak geologis, merupakan letak berdasarkan kondisi struktur batuan. Secara geologis, Indonesia dilalui oleh tiga lempeng (Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik) serta dua sirkum pegunungan (mediterania dan pasifik).
Letak geomorfologis, merupakan letak berdasarkan bentuk muka bumi. Secara geomorfologis, Indonesia memiliki morfologi yang beragam yang terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah.
Letak maritim, merupakan letak berdasarkan kondisi perairan laut. Secara maritim, Indonesia terletak diantara laut China Selatan, samudera Hindia, dan samudera Pasifik.