jelaskan 5 faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia ?​

Sebutkan dan jelaskan 5 faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia ?​

Jawaban:

1. Faktor geografis negara kepulauan

2. Keberagaman bangsa Indonesia

3. Faktor transportasi dan komunikasi

4. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

5. Faktor pegaruh kebudayaan asing

Penjelasan:

Faktor geografis negara kepulauan

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau yang secara fisik terpisahpisah. Keadaan ini menghambat hubungan antar masyarakat dari pulau yang berbeda-beda.

Faktor kondisi alam

Keberagaman bangsa Indonesia, selain diakibatkan oleh jumlah suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia juga dipengaruhi kondisi perbedaan geografis atau faktor alam.

Faktor transportasi dan komunikasi

Transportasi membuat interaksi manusia menjadi mudah. Sebagai negara kepulauan, transportasi laut menjadi penghubung antar pulau di Indonesia,semakin mudah interaksi dengan suku di pulau lain, maka semakin beragam kebudyaan yang dimiliki

Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

Perubahan proses sosial masyarakat yang di dalamnya terdapat kerjasama dan persaingan antara pelaku pariwisata. Proses sosial adalah hubungan timbal balik antar individu, individu dengan kelompok, dan antar kelompok, berdasarkan potensi atau kekuatan masing-masing.

Faktor pegaruh kebudayaan asing

Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, menyebutkan bahwa ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan.