Makin dingin suhu suatu benda, maka besaran suhunya semakin

Makin dingin suhu suatu benda, maka besaran suhunya semakin

Besaran suhu akan semakin turun jika semakin dingin suatu benda.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan
Suhu

Apa yang kamu rasakan ketika menyentuh es batu? Telapak tangan pasti akan terasa dingin. Hal ini dikarenakan tangan merupakan salah satu indra perasa yang dapat merasakan panas atau dinginnya suatu benda. Tangan kita bisa merasakan panas atau dingin nya benda tetapi tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda.

Untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu benda atau keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. Suhu adalah besarnya nilai tingkat panas dinginnya suatu benda atau keadaan. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Sedangkan kalor adalah energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

Ketika air dipanaskan dengan api maka suhunya akan meningkat, sedangkan jika air dimasukkan ke dalam lemari es, maka air akan menjadi dingin dan suhunya akan menurun. Alat ukur yang sering kita gunakan untuk mengukur suhu adalah termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.