Mengapa Nabi Muhammad SAW. diberi gelar uswatun hasanah?

Mengapa rasulullah saw. diberi gelar uswatun hasanah?

Nabi Muhammad diberikan gelar Uswatun Hasanah karena Nabi Muhammad memiliki perilaku atau akhlak yang sangat baik. Sehingga Nabi Muhammad patut untuk menjadi teladan bagi seluruh umat manusia khususnya bagi umat islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Di mana Uswatun Hasanah secara bahasa dalam bahasa Indonesia artinya adalah suri teladan yang baik.

Pembahasan
Nabi Muhammad disebut sebagai Uswatun Hasanah di dalam ayat Al Qur’an. Ayat Al Qur’an yang menyebutkan Nabi Muhammad sebagai Uswatun Hasanah adalah firman Allah yang terdapat di dalam Surah Al Ahzab ayat yang ke 21. Lafadz dari firman Allah yang terdapat di dalam Surah Al Ahzab ayat yang ke 21 menggunakan huruf hijaiyah adalah لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ, di mana terjemahan lafadz tersebut adalah Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.

Nabi Muhammad selalu mempraktikkan perilaku yang sangat mulai dalam kehidupan sehari-hari. Di mana Nabi Muhammad selalu berperilaku dengan perilaku yang sesuai dengan isi kandungan ayat Al Qur’an. Perilaku Nabi Muhammad yang mulai bahkan sudah tertanam dari Nabi Muhammad belum Allah angkat menjadi rasul utusan Allah. Salah satu gelar yang disematkan atau diberikan kepada Nabi Muhammad sebelum Nabi Muhammad menjadi rasul utusan Allah adalah Al Amin. Gelar Al Amin merupakan gelar yang Nabi Muhammad dapatkan dari masyarakat Quraisy sebelum Nabi Muhammad menjadi rasul utusan Allah karena Nabi Muhammad merupakan orang yang dapat dipercaya oleh masyarakat Quraisy.