Negara apa yang terletak paling timur di aseann

Negara apa yang terletak paling timur di aseann

Wilayah Asia merupakan bagian yang luas di dunia dengan terbagi menjadi beberapa wilayah negara salah satunya adalah ASEAN (Asia Bagian Tenggara). Negara di ASEAN yang terletak paling timur wilayah tersebut adalah Indonesia dan Timor Leste.

Pembahasan
ASEAN adalah perkumpulan negara yang terletak di Asia bagian tenggara terdiri dari beberapa negara, antara lain: Thailand, Indonesia, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, Singapura, Filipina, Myanmar dan terakhir adalah Timor Leste. Dari beberapa negara tersebut Timor Leste merupakan anggota ASEAN terbaru karena negara tersebut merupakan negara pecahan dari Indonesia.

Secara geografis wilayah di negara Asia bagian tenggara kebanyakan terdiri dari ras rumpun Melayu serta berada di iklim tropis dengan mengandalkan sektor pertanian yang kuat akan hasil alamnya khususnya Tahailand yang terkenal dengan sebutan negara lumbung padi. Secawa wilayah persebaran, bagian utara terdiri dari negara Myanmar, Laos, Filipina dan Vietnam. Sedangkan di bagian barat adalah Myanmar, Thailand dan Indonesia. Di bagian selatan adalah Indonesia dan Timor Leste, sedangkan di bagian paling timur adalah wilayah pulau Papua milik negara Indonesia dan juga ada negara Timor Leste.