Salah satu landasan berdirinya ASEAN adalah

Salah satu landasan berdirinya ASEAN adalah

Salah satu landasan atau dasar berdirinya ASEAN adalah Deklarasi Bangkok atau Deklarasi ASEAN. Deklarasi ini ditandatangani pada 8 Agustus 1967.

Pembahasan
ASEAN didirikan pada tanggal yang sama saat ditandatanganinya Deklarasi Bangkok. Adapun lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura. Wakil-wakil yang hadir dalam penandatanganan Deklarasi Bangkok adalah:

Indonesia: Adam Malik
Malaysia: Tun Abdul Razak
Filipina: Narciso Ramos
Singapura: S. Rajaratnam
Thailand: Thanat Khoman.
Dalam Deklarasi Bangkok ini, tertulis beberapa alasan yang menjadi latar belakang terbentuknya ASEAN, yaitu:

Adanya kepentingan dan masalah bersama di Asia Tenggara, serta keyakinan untuk mempererat ikatan solidaritas regional dan kerjasama yang ada.
Memiliki hasrat untuk membentuk landasan untuk kegiatan bersama demi meningkatkan kerjasama regional di Asia Tenggara dengan semangat persamaan dan persahabatan.
Memelihara sikap saling pengertian, bertetangga dengan baik dan kerjasama di wilayah Asia Tenggara untuk mencapai cita-cita perdamaian, kemerdekaan, keadilan sosial dan kesejahteraan ekonomi.
Memiliki kesadaran untuk sama-sama memikul tanggung jawab di Asia Tenggara untuk menjaga stabilitas ekonomi, stabilitas sosial dan terjaminnya perkembangan nasional.