apa apa hak Pak Budi sebagai warga masyarakat?

1. apa apa hak Pak Budi sebagai warga masyarakat?
2. apa kewajiban yang harus pak budi lakukan sebagai warga masyarakat?
3. apa bentuk tanggung jawab Pak Budi dalam melaksanakan kewajibannya??​

1. Apa hak Pak Budi sebagai warga masyarakat?

Jawaban: Hak Pak Budi sebagai warga masyarakat ialah berhak untuk dapat menghirup udara yang bersih dan sehat.

2. Apa kewajiban yang harus Pak Budi lakukan sebagai warga masyarakat?

Jawaban: Kewajiban yang harus Pak Budi lakukan sebagaj warga masyarakat adalah ikut berpartisipasi/bekerja sama untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal.

3. Apa bentuk tanggung jawab Pak Budi dalam melaksanakan kewajibannya?

Jawaban: Bentuk tanggung jawab Pak Budi dalam melaksanakan kewajibannya ialah ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

PEMBAHASAN:
1.) Hak

Hak merupakan segala sesuatu yang dapat diambil/didapatkan oleh seseorang yang sudah ada sejak mereka lahir bahkan sebelum mereka terlahirkan. Hak seorang siswa adalah mendapatkan pendikan yang layak, namun pada waktu yang bersamaan siswa juga memiliki sebuah kewajiban untuk dapat menjaga sarana pendidikan agar hak yang dimiliki siswa tersebut terpenuhi. Apabila siswa tersebut tidak melaksanakan kewajibannya, maka sarana belajar akan rusak, dan tergangunya kegiatan belajar mengajar.

2.) Kewajiban

Kewajiban merupakan segala sesuatu yang hukumnya wajib dilaksanakan(suatu keharusan) oleh seseorang sebelum mendapatkan hak yang pantas didapatkan. Kewajiban biasanya mengarah pada suatu keharusan bagi seseorang. Hak dan kewajiban sifatnya terikat antara satu sama lain. Maka, pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut harus dijalankan secara seimbang.

3.) Tanggung Jawab

Tanggung Jawab merupakan sebuah keadaan dimana seseorang berkewajiban menanggung, memikul jawab, atau memberikan jawab menanggung akibatnya. Oleh sebab itu, tanggung jawab sebagai warga negara selalu berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilakukan dengan cara melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara,sedangkan tanggung jawab sebagai seorang siswa salah satunya adalah menaati tata tertib yang telah ditetapkan. Pelaksanaan hak serta kewajiban tersebut harus sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Tanggung jawab sebagai warga negara antara lain memahami serta mengamalkan nilai-nilai pPancasila serta dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.