Tuliskan 3 faktor penyebab produk dalam negeri kurang di minati

Tuliskan 3 faktor penyebab produk dalam negeri kurang di minati masyarakat indonesia sendiri​

Berikut ini adalah tiga faktor penyebab produk dalam negeri kurang diminati oleh masyarakat Indonesia Sendiri yaitu:

Kurangnya sosialisasi produk-produk buatan dalam negeri ke semua lapisan masyarakat.
Harga produk dalam negeri masih belum bisa berkompetisi dengan harga produk buatan dalam negeri.
Banyaknya impor produk masuk dari luar ke dalam negeri.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan

Cinta produk dalam negeri merupakan salah satu bentuk dari pengamalan sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia”. Dengan mencintai produk-produk Indonesia secara langsung kita turut dalam memajukan perekonomian dalam negeri. Terlebih saat ini kondisi negara kita tercinta sedang dalam kondisi perekonomian yang kurang baik.

Namun ternyata yang terjadi di masyarakat kita adalah kurangnya rasa mencintai produk-produk buatan Indonesia, bahkan masih banyak masyarakat yang tidak tahu produk-produk apa saja yang dibuat oleh bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, hal ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk kembali bisa meningkatkan rasa cinta terhadap produk buatan negeri sendiri. Berikut ini tiga faktor penyebab produk dalam negeri kurang diminati yaitu:

Kurangnya sosialisasi produk-produk buatan dalam negeri ke semua lapisan masyarakat. Ada istilah “tak kenal mak tak sayang” begitulah yang terjadi pada saat ini. Masyarakat tidak tahu produk-produk apa saja yang dibuat oleh bangsa sendiri. Tidak heran jika masyarakat lebih kenal produk luar daripada produk sendiri, atau menganggap produk buatan sendiri sebagai buatan dari luar.
Harga produk dalam negeri masih belum bisa berkompetisi dengan harga produk buatan dalam negeri. Tidak bisa dipungkiri saat ini begitu banyak produk dari luar negeri dengan harga yang lebih murah, sebut saja dari Tiongkok. Pasti dari kita sudah pernah membeli produk-produk dari Tiongkok tersebut.
Banyaknya impor produk masuk dari luar ke dalam negeri. Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat ini banyak sekali impor produk dari luar yang begitu banyak dan murah. Hal ini tentunya lebih menarik minat masyarakat daripada produk buatan dalam negeri.
Berikut ini adalah tiga upaya agar masyarakat dapat mencintai produk dalam negeri yaitu:

Membuat iklan secara masif tentang produk-produk buatan dalam negeri
Memberikan harga yang lebih terjangkau atau diskon-diskon khusus agar menarik minat pembeli dalam negeri.
Pemerintah membatasi impor produk-produk dari luar negeri.