Sebuah lukisan suasana pasar tradisional merupakan contoh

11. Sebuah lukisan suasana pasar tradisional merupakan contoh lukisan dengan tema
A Manusia dengan kegiatannya
C. Manusia dengan alam khayal
B. Manusia dengan dengan alam sekitar
D. Manusia dengan manusia lain

12. Patung-patung yang ada pada candi Borobudur merupakan patung jenis
A Patung dekorasi
C. Patung monumen
B. Patung arsitektur
D. Patung religi

11. Lukisan bertema suasana pasar tradisional adalah contoh lukisan yang memiliki tema manusia dengan kegiatannya (opsi A).

12. Jenis patung yang berada pada kompleks candi Borobudur adalah patung jenis religi (opsi D).

Pembahasan
Lukisan adalah sebuah karya seni rupa dua dimensi yang diterapkan pada permukaan media tertentu, biasanya kanvas. Lukisan digunakan sebagai sarana bagi pelukis sebagai pencipta seni untuk menyampaikan gagasan, ide, kisah, atau pesan dari pelukis kepada orang yang menikmati karya seninya.

Sebuah lukisan selalu memiliki suatu tema yang terkandung di dalamnya. Lukisan yang memiliki objek manusia di dalamnya biasanya menggambarkan suatu interaksi antara manusia tersebut dengan sesuatu, seperti kegiatan, alam khayal (imajinasi), alam sekitar, maupun dengan manusia lainnya.

Candi Borobudur adalah sebuah tempat religius yang merupakan peninggalan kaum agama Buddha di Indonesia, tepatnya di sekitar kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Sebagai suatu peninggalan sejarah agama, patung-patung yang terletak pada struktur candi tersebut (biasanya disebut dengan arca) termasuk ke dalam patung dengan jenis patung religi (patung yang berkaitan dengan agama atau kepercayaan, biasanya digunakan dalam prosesi upacara keagamaan).