Sebutkan ciri – ciri makhluk hidup

Sebutkan ciri – ciri makhluk hidup

Ciri-ciri pada makhluk hidup adalah :

Membutuhkan makanan
Bernapas
Bergerak
Tumbuh dan berkembang
Berkembang biak (Reproduksi)
Metabolisme
Peka terhadap rangsangan (Iritabilitasa)
Mengeluarkan zat-zat sisa (Ekskresi)
Menyesuaikan diri terhadap lingkungannya (Adaptasi)
Pembahasan
Makhluk hidup (organisme) adalah setiap entitas individual yang mempunyai kemampuan dalam mejalankan fungsi-fungsi kehidupan.

Berikut ini akan membahas mengenai ciri-ciri makhluk hidup :

Membutuhkan makanan ⇒ Makanan dan minum dibutuhkan makhluk hidup untuk sumber energi, mengganti sel-sel tubuh, menjalankan aktivitas tubuh.
Bernapas ⇒ Bernapas adalah proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida untuk mendapat energi.
Bergerak ⇒ Manusia dan hewan sistem gerak seperti otot, sendi, dan tulang yang digunakan untuk berlari dan berjalan. Pada tumbuhan bergerak atas reaksi terhadap lingkungan.
Tumbuh dan berkembang ⇒ Pertumbuhan pada makhluk hidup seperti bertambahnya tinggi, berat dan volume.
Berkembang biak (Reproduksi) ⇒ Tujuan berkembang biak untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Makhluk hidup bisa berkembang biak secara kawin (seksual) atau tidak kawin (aseksual) atau juga keduanya.
Metabolisme ⇒ Metabolisme merupakan reaksi kimia yang terlibat dalam mempertahankan keadaan hidup sel dan organisme.
Peka terhadap rangsangan (Iritabilitas) ⇒ Kemampuan makhluk hidup untuk peka terhadap rangsangan seperti adanya sentuhan, cahaya, air, zat kimia, suhu dan gravitasi bumi.
Mengeluarkan zat-zat sisa (Ekskresi) ⇒ Makhluk hidup mengeluarkan zat-zat yang tidak terpakai oleh tubuh. Contohnya seperti ampas, urin dan keringat. Pada tumbuhan mengeluarkan zat sisa berupa oksigen, karbondioksida dan tetesan air.
Menyesuaikan diri terhadap lingkungannya (Adaptasi) ⇒ Proses adaptasi diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan bertahan hidup.