Berikan contoh reference group dan jelaskan mengapa

Berikan contoh reference group dan jelaskan mengapa menjadikan kelompok tersebut sebagai acuan​

Contoh reference group yaitu kelompok mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi favorit dijadikan sebagai acuan bagi para siswa yang ingin masuk ke universitas tersebut.

Kelompok ini dijadikan sebagai acuan karena adanya keinginan atau tujuan yang sama dari para siswa baru untuk bisa berkuliah di Perguruan Tinggi tersebut.

Pembahasan
Robert K. Merton membagi jenis kelompok sosial menjadi 2 yaitu:

Membership group, yaitu ketika seseorang secara fisik (benar-benar) menjadi anggota kelompok suatu kelompok.
Reference group, yaitu ketika seseorang (tidak termasuk anggota kelompok) tetapi menggunakan kelompok tersebut sebagai acuan untuk membentuk kepribadian dan perilakunya.
Proses pembentukan kedua kelompok ini yaitu sebagai berikut:

Membership group terbentuk ketika kelompok sosial memiliki standar atau persyaratan tertentu untuk dapat dimasuki.
CONTOH:

Untuk bergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia, seseorang harus terlebih dahulu menyelesaikan studi kedokteran dan berprofesi sebagai dokter. Jika tidak, maka ia tidak bisa masuk pada kelompok tersebut.

Reference group terbentuk ketika seseorang melakukan perbandingan dengan anggota suatu kelompok untuk dijadikan acuan. Proses ini bisa melibatkan kelompok yang pernah dimasuki sebelumnya, atau kelompok baru yang ingin dimasuki di masa mendatang.
CONTOH:

Seorang siswa sangat giat belajar dan meniru pola belajar dari kelompok mahasiswa berprestasi salah satu kampus favorit, agar dapat masuk ke Perguruan Tinggi favorit yang diinginkannya.