Di antara hasil yang timbul dari perilaku kontrol diri

Di antara hasil yang timbul dari perilaku kontrol diri adalah

Pertanyaan mengenai hasil yang timbul dari perilaku kontrol diri ini seharusnya dilengkapi dengan pilihan jawaban berupa:

A. Husnuzhan & Konflik
B. Perselisihan & Husnuzhan
C. Su’uzhan & Ukhuwah
D. Su’uzhan & kedamaian
E. Husnuzhan & Ukhuwah
Adapun jawaban yang benar adalah HUSNUZHAN & UKHUWAH (E)

» Pembahasan
Dalam islam, KONTROL DIRI dinamakan dengan Mujahadah An-Nafs. Istilah lainnya selain kontrol diri adalah pengendalian diri. Maknanya adalah suatu usaha yang dijalankan dengan sungguh-sungguh dalam melawan nafsu pribadi di dalam diri juga ego. Munjahadah An-Nafs ini dikatakan pula sebagai jihad akbar melawan diri sendiriyang bahkan lebih utama ketimbang melawan orang kafir.

Hakikat kontrol diri ini adalah menahan diri dari segala perilaku yang sekiranya merugikan diri sendiri juga diri orang lain baik di dunia pun di akhirat.

Ada banyak HASIL dari kontrol diri ini dan dua di antaranya adalah HUSNUZHAN dan UKHUWAH. Husnuzhan artinya adalah prasangka baik adapun ukhuwah artinya adalah tali persaudaraan. Pilihan A, B, C dan D adalah keliru karena kontrol diri idealnya tidak menghasilkan SU’UZHAN atau prasangka buruk. Tidak pula menghasilkan konflik dan perselisihan seperti yang disebutkan pada pilihan jawaban selain E di atas.