Tujuan perebusan sisik ikan dengan larutan benzoat

Tujuan perebusan sisik ikan dengan larutan benzoat adalah sebagai

Tujuan perebusan sisik ikan dengan larutan benzoat adalah sebagai langkah pengawetan sisik ikan yang bisa berguna untuk kerajinan tangan.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan

Sisik ikan yang diawetkan dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan, seperti aksesori wanita (kalung, gelang maupun hiasan sandal/sepatu). Jenis sisik ikan yang digunakan juga akan mempengaruhi hasil dan harga, sebagai contoh sisik ikan kakap memiliki bentuk dan ketebalan yang lebih baik dibanding sisik ikan mujaer, sehingga sisik ikan kakap lebih cocok digunakan untuk membuat kalung atau gelang. Oleh karena sisi ikan ini banyak mengandung lendir dan merupakan bahan organik yang cepat membusuk, maka larutan benzoat digunakan untuk mengawetkan sisik ikan ini hingga bertahan dari pembusukan mikroorganisme pada ph 2.5 – 4.

Larutan benzoat secara alami dihasilkan dalam jumlah kecil pada buah-buahan (apel, cranberry), namun juga diproduksi dalam laboratorium. Larutan ini banyak digunakan untuk bahan pengawet makanan yang dikonsumsi manusia (acar), maupun pengawet kosmetik (shampo, mouthwash, body lotion, deodorant). Penggabungan larutan ini dengan vitamin C (umumnya pada minuman soda) akan membentuk benzene, yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan memicu tumbuhnya sel kanker.