Yang termasuk karakteristik kewirausahaan

Yang termasuk karakteristik kewirausahaan, kecuali…

a. Memiliki motif berprestasi tinggi b. Memiliki sifat inovasi tinggi

c. Memiliki perspektif tinggi d. Memperoleh laba dan manfaat yang maksimal e. Selalu mencari peluang

Seorang yang menjalankan wirausaha harus memiliki karakteristik seperti memiliki motif berprestasi yang tinggi, memiliki sifat inovasi yang tinggi, memiliki perspektif yang tinggi, dan selalu berusaha mencari peluang. Sehinggga yang bukan merupakan karakteristik kewirausahaan adalah memperoleh laba dan manfaat yang maksimal (d). Hal ini dikarenakan laba dan manfaat yang maksimal merupakan tujuan akhir dari kegiatan wirausaha dan bukan merupakan sifat atau karakteristik dari penggerak wirausaha. Seorang wirausaha harus lebih dahulu menciptakan dirinya sebagai seorang pengusaha yang baik, yang memiliki pandangan ke depan, dan selalu melihat peluang, baru kemudian mengukur laba dan manfaat yang ingin didapatkan. Hal ini karena kegiatan wirausaha diharapkan tidak hanya berjalan dalam periode yang pendek melainkan untuk usaha yang bertahan lama ke depannya.

Pembahasan
Seorang wirausaha memiliki karakter-karakter yang dapat dipelajari untuk mendapat keberhasilan di masa depan yaitu:

Berani memulai sesuatu. Sikap ini harus dimiliki oleh wirausaha karena tidak akan ada keberhasilan tanpa ada permulaan. Sehingga harus berani dan memiliki kepercayaan diri untuk memulai.
Berorientasi maju. Sikap wirausaha ini penting karena ia harus memiliki visi-misi untuk masa yang akan datang sehingga ia akan bekerja keras dari sekarang untuk membuat usahanya maju dan berkembang.
Mampu berpikir kritis. Sikap ini penting dimiliki untuk menyelesaikan permasalah selama berwirausaha termasuk menganalisis hambatan yang menghalangi bisnisnya.
Disiplin. Seorang wirausaha harus disiplin terutama untuk mengatur keuangan dan mengatur waktunya.
Mampu beradaptasi. Dengan sikap ini, ia akan mampu bertahan dalam segala kondisi baik yang mengenakkan atau dalam kondisi terpuruk.
Tidak takut gagal dan mau terus mencoba. Sifat ini yang harus juga dimiliki wirausaha karena tidak selamanya usaha yang dilakukan berjalan mulus dan berhasil. Kita bisa berada dalam posisi di bawah dan merasakan banyak kegagalan, namun seorang wirausaha harus mau bangkit dan terus mencoba.