Kembangkan ide ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf

1. Organ gerak terdiri atas dua macam
2. Organ gerak banyak sekali fungsinya
3. Tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak

Kembangkan ide ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf

Pengembangan Paragraf dengan Ide pokok :

1. Organ gerak terdiri atas dua macam

2. Organ gerak banyak sekali fungsinya

3. Tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak

Ide Pokok
Ide Pokok atau gagasan adalah gagasan yang mendasari dalam terbentuknya sebuah paragraf. Gagasan dapat kita tuliskan diawal, ditengah ataupun diakhir kalimat. akan tetapi juga membutuhkan setidaknya satu kalimat penjelas, untuk mendukung gagasan utama.

Berikut Letak Gagasan Utama dalam Paragraf, serta pengembangan kalimat penjelasnya :

1. Organ gerak terdiri atas dua macam, yaitu organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Otot sebagai organ gerak aktif karena otot yang mampu berkontraksi untuk menggerakkan tulang melakukan sebuah kerja (gerak) sedangkan tulang yang digerakkan oleh otot disebut sebagai alat gerak pasif.

Pada Kalimat “Organ gerak terdiri atas dua macam” adalah gagasan pokok selanjutnya adalah gagasan penjelas.

2. Selain Untuk dapat melakukan gerak organ gerak juga melaksanakan fungsi lainnya, yaitu antara lain menyangga dan memberikan bentuk pada tubuh, Pelindung organ dalam, seperti paru-paru, hati, jantung, ginjal, otak, dll, tempat pembentukan sel darah merah dan tempat penimbunan kalsium, fosfor, dan mineral penting lainnya. Jadi Fungsi Organ gerak ittu banyak sekali tidak hanya untuk bergerak saja.

Perhatikan, Disini gagasan pokok diletakkan pada kalimat penutup, sedangkan diawal paragraf adalah kalimat penjelas.

3. Bisa kita bayangkan jika kita tidak memiliki organ gerak, apa yang akan terjadi, pasti tentunya kita tidak dapat bergerak. Jangankan beraktivitas seperti sekolah, belajar dan bermain, untuk melambaikan tangan saja kita membutuhkan organ otot dan tulang, otot yang menggerakkan tulang sehingga kita bisa melambaikan tangan.

Pada Paragraf ini gagasan utama diletakkan ditengah, lainnya adalah kalimat penjelas.

Kata Kunci :

Mengembangkan ide pokok menjadi paragraf, Organ gerak terdiri atas dua macam, Organ gerak banyak sekali fungsinya, Tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak .