Bagaimana mereka menyikapi ide ide berbeda

Bagaimana mereka menyikapi ide ide berbeda

Pertanyaan mengenai BAGAIMANA MEREKA MENYIKAPI IDE-IDE BERBEDA ini terkait dengan teks pada buku Tematik kelas 4 SD berjudul Mozaik Kreasi Bersama. Cara mereka menyikapi ide-ide berbeda ini adalah menghormati dan menghargai ide tersebut dengan terbuka mendiskusikannya dan bahkan menyempurnakannya dengan ide lainnya. Hal ini sesuai dengan yang dilakukan oleh Edo dan Lani di dalam teks.

» Pembahasan
Perbedaan adalah sebuah keniscayaan. Maksudnya adalah bahwa perbedaan sudah pasti akan hadir di antara kita sebab perbedaan datang dari Tuhan dan tak bisa dihindari manusia. Satu-satunya yang bisa manusia lakukan hanyalah menjalani perbedaan yang ada dengan positif agar hidup rukun dan harmonis.

Salah satu perbedaan yang senantiasa hadir di antara kita adalah PERBEDAAN IDE atau PERBEDAAN PENDAPAT. Hal ini wajar mengingat pola pikir, selera, latar belakang budaya, sosial dan sebagainya masing-masing orang berbeda-beda. Atas perbedaan ide, gagasan, pendapat ini harus dipandang positif sebab apabila dipandang negatif maka akan menjadi jurang pemisah. Sebaliknya apabila dipandang positif maka menjadi jalan pemersatu.