Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong ekspor

Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong ekspor adalah​

Dalam kegiatan ekspor, yang tidak termasuk dalam salah satu faktor pendorongnya adalah keadaan pasar dalam negeri.

Pembahasan
Soal di atas sepertinya tidak lengkap karena seharusnya disertai juga dengan pilihan jawabannya. Berikut adalah soal yang lengkap:

Dalam kegiatan ekspor, yang tidak termasuk dalam salah satu faktor pendorongnya adalah

A. Keadaan pasar dalam negeri

B. Keadaan pasar luar negeri

C. Kemampuan eksportir untuk menemukan peluang usaha di luar negeri.

D. Kondisi ekonomi, politik, dan sosial suatu negara.

Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah pilihan (A). Pilihan (A) benar karena ekspor adalah kegiatan menjual dan memperdagangkan suatu produk, baik barang ataupun jasa dari dalam negeri ke luar negeri. Oleh karena itu, keadaan dari pasar yang ada di dalam negeri ini tidak akan mempengaruhi keigatan ekspor yang dilakukan oleh para eksportir di dalam negeri.

Pilihan (B), (C), dan (D) salah karena:

Pilihan (B): keadaan pasar di luar negeri adalah salah satu faktor utama yang akan mendorong kegiatan ekspor. Hal ini bisa terjadi karena dengan adanya keadaan pasar yang dirasa berpeluang terhadap produk dalam negeri, maka hal ini akan mendorong kegiatan ekspor.
Pilihan (C): eksportir yang bisa menangkap peluang usaha di luar negeri juga menjadi salah satu faktor yang akan mendorong kegiatan ekspor. Contohnya adalah eksportir yang mengetahui bahwa adanya permintaan akan kerajinan batik yang tinggi di luar negeri maka akan mendorong eksportir tersebut untuk mengekspor kerajinan batik.
Pilihan (D): kondisi ekonomi, politik, dan sosial dari suatu negara juga menjadi salah satu dari faktor yang bisa mendorong terjadinya kegiatan ekspor.