MENYIMPULKAN INFORMASI LAPORAN PERCOBAAN

MENYIMPULKAN INFORMASI LAPORAN PERCOBAAN
1. Manakah informasi yang lebih jelas?
2.Manakah informasi yang lebih lengkap?
3.Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan kelengkapan informasi?
4.Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian?
5. Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan unsur kebahasaan (tata bahasa,kata dan kalimat? yang digunakan?

Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal berbagai jenis teks, mulai dari teks eksplanasi, negosiasi, persuasi, laporan, hingga berbagai teks lainnya. Masing-masing teks tersebut memiliki ciri tersendiri yang membuatnya berbeda dengan teks-teks lainnya. Teks laporan, misalnya, merupakan teks yang secara khusus melaporkan tentang suatu kegiatan, pengamatan, atau obyek tertentu. Teks semacam ini sarat akan informasi. Suatu teks laporan yang baik bertumpu pada 2 faktor yang sangat penting: kejelasan dan kelengkapan informasi. Semakin jelas dan lengkap informasi yang diberikan, semakin baik kualitas suatu teks laporan.

Pada kesempatan ini, soal memberikan kita beberapa pertanyaan yang terkait dengan teks laporan. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.

1. Manakah informasi yang lebih jelas?

Jawaban:

Contoh 2.

2. Manakah informasi yang lebih lengkap?

Jawaban:

Contoh 3

3. Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan kelengkapan informasi?

Jawaban:

Kejelasan informasi tidak selamanya berkaitan dengan kelengkapan informasi. Kejelasan informasi berkaitan dengan penjabaran suatu informasi. Sementara itu, yang dimaksud dengan kelengkapan informasi menyangkut jumlah ide yang dapat menjelaskan suatu informasi.

4. Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian?

Jawaban:

Kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian karena pada saat menjelaskan informasi, kita harus menempatkan kalimat-kalimat penjelas dalam struktur tertentu agar memudahkan para pendengar dan pembaca dalam memahami teks tersebut.

5. Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan unsur kebahasaan (tata bahasa,kata dan kalimat? yang digunakan?

Jawaban:

Ya, kejelasan informasi berkaitan erat dengan unsur kebahasaan (tata bahasa, kata, dan kalimat) yang digunakan. Dengan kata lain, setiap penjelasan harus menggunakan kalimat yang efektif. Hal ini untuk memastikan setiap pembaca dan pendengar dapat memahami seluruh isi atau makna informasi. Dalam Bahasa Indonesia, hal ini dapat dilakukan hanya dengan memperhatikan unsur-unsur kebahasaan.

Simpulan:

Teks laporan bergantung pada 2 unsur penting yaitu kejelasan dan kelengkapan informasi.