aplikasi html editor

Rekomendasi 5 Aplikasi HTML Editor Terbaik Buat Kamu

Rekomendasi 5 Aplikasi HTML Editor Terbaik Buat Kamu – ika Kamu menguasai arti coding HTML dengan baik, membangun website yang baik menjadi tidaklah sulit.

Namun, kemampuan tinggi dari belajar coding saja belum cukup. Kamu harus menggunakan tool yang tepat agar pekerjaan Kamu jadi lebih mudah. Nah, tool tersebut adalah HTML editor.

Saat ini, terdapat banyak pilihan HTML editor dengan fitur unggulan masing-masing. Lalu, manakah HTML editor terbaik untuk Kamu? Pada artikel ini, kami sudah merangkum 5 HTML editor terbaik yang wajib Kamu coba.

Apa Itu HTML Editor?
Editor HTML adalah sebuah program komputer (tool) yang digunakan untuk membuat sekaligus mengedit kode HTML. HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language.

HTML digunakan untuk membuat halaman website berikut segala informasi di dalamnya. Belajar HTML diperlukan untuk dapat menyusun halaman website dengan baik meliputi heading, paragraf, tautan, dan lainnya.

Rekomendasi 5 Aplikasi HTML Editor Terbaik Buat Kamu

Berikut ini editor HTML terbaik berdasarkan popularitas, fitur, dan desain:

1. Aplikasi Atom

Atom diperkenalkan pada tahun 2014, dan sejak saat itu popularitasnya kian menanjak. Tool ini bersifat gratis dan open source serta dikembangkan oleh GitHub team. Untuk fitur yang ditawarkan, Atom menerapkan lisensi software gratis yang dikelola oleh GitHub community. Meski gratis, Atom tetap ingin menjadi editor yang menawarkan pengalaman premium kepada usernya, termasuk fleksibilitas dalam mengkustomisasikan software tersebut.

Atom diklaim sebagai salah satu text editor terbaik yang paling mudah dihack di abad ke-21 ini. Kata mudah dihack sendiri bukan berkonotasi negatif, melainkan menunjukkan bahwa tool mempersilakan siapa pun yang ingin berkontribusi dalam mengedit, mengembangkan, mengubah atau mengganti, dan membagikan source code serta membuat fitur mereka sendiri demi kebaikan dan kemajuan Atom.

Fitur unggulan

Walaupun Atom telah dilengkapi dengan 81 fitur bawaan, Kamu masih bisa menambahkan 7.500 fitur. Bahkan Kamu boleh membuat fitur Kamu sendiri.
Text Editor yang open-source. Keseluruhan editor Atom bersifat gratis dan open source serta tersedia di GitHub.
Atom kompatibel dengan Teletype, yang merupakan fitur penting jika Kamu ingin bekerja sama dengan developer lainnya secara real time.
Mendukung berbagai panel. Atom dapat membagi interface atau software antarmuka menjadi banyak jendela (windows) sehingga Kamu bisa membandingkan dan menulis kode secara berdampingan.
Penilaian desain

Atom menawarkan desain yang rapi dengan tampilan premium.

Mengapa developer memilih Atom?

Kemudahan kustomisasi. Atom sangat mudah untuk dikustomisasikan. Selain itu, Kamu juga bisa mengatur tampilan interfacenya dan menambahkan fitur penting lainnya. Bahkan Kamu diperbolehkan untuk membuat fitur dan tema dari nol. Opsi lain, install pre-made fitur dan tema yang tersedia di komunitas (community).
Atom di Dev Mode. Kamu bisa mencoba menambahkan fitur baru ke sistem intinya.
Integrasi Git dan GitHub.
Edit lintas platform. Atom berfungsi di semua sistem operasi.
Dapat digunakan di: Windows, OS X, dan Linux (64-bit).

2. Aplikasi Notepad ++

Notepad++ merupakan editor yang dikembangkan untuk perangkat berbasis Windows, dan user Linux bisa menggunakannya via Wine. Software ini didistribusikan sebagai software gratis dan repositorinya juga tersedia di GitHub. Sama seperti proyek community lainnya, Notepad++ juga kompatibel dengan plugin pihak ketiga.

Notepad++ sangat simpel dan sederhana serta ringan. Untuk lebih praktisnya, tersedia pula versi mobile-nya.

Fitur unggulan

Interface Notepad++ sederhana, ringan, dan cepat.
Mendukung berbagai bahasa coding, mulai dari ActionScript, CSS, hingga visual basic.
Sepenuhnya kompatibel dengan Windows. Jika ingin mengaktifkannya di sistem operasi (OS) lain, dibutuhkan software tambahan.
Mengapa developer memilih Notepad++?

Gratis.
Dapat dikembangkan – Kamu bisa menambahkan plugin yang tersedia di komunitas atau membuat plugin sendiri.
Dapat dikustomisasikan – developer bisa melakukan personalisasi pada fitur dan interface sesuai dengan keinginan mereka.
Penilaian desain

Notepad++ interface sangat minimalis. Untungnya, developer diperbolehkan untuk mengkustomisasikannya lebih jauh.

Dapat digunakan di: Windows dan Linux (via Wine)

3. Aplikasi Sublime Text

Sublime merupakan satu dari sekian aplikasi text editor terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Software ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Sidney dan masuk dalam kategori freemium. Freemium berarti Sublime dapat digunakan secara cuma-cuma, tapi Kamu harus membeli lisensinya jika ingin memanfaatkan semua fitur yang tersedia.

Sublime termasuk aplikasi text editor yang terus-menerus diperbarui. User diizinkan untuk menginstall plugin yang tersedia di community atau membuat pluginnya sendiri. Sebenarnya, menggunakan versi gratis Sublime saja sudah lebih dari cukup. Namun, apabila menginginkan fitur yang lebih banyak, maka Kamu harus membeli lisensi berbayarnya.

Fitur unggulan

Sublime kompatibel dengan Python API yang memungkinkan plugin untuk mengembangkan fungsionalitas defaultnya.
Editing yang serentak. Kamu dapat melakukan perubahan di sejumlah area terpilih pada waktu bersamaan.
Lintas platform. Sublime tersedia di Windows, OS X, dan Linux. Developer hanya memerlukan satu lisensi untuk menggunakan Sublime di komputer mana saja.
Mengapa developer memilih Sublime Text?

Ekosistem API dan fitur yang powerful. Sublime menawarkan ribuan fitur (package) yang tersedia dan juga dikembangkan oleh community. Fitur-fitur ini bersifat open source.
Editing terpisah. Developer dapat menggunakan berbagai monitor dan mengedit beragam tipe kode di waktu bersamaan.
Digunakan untuk apa saja. Fitur ini dapat digunakan untuk membuka file dengan keystroke, mencari simbol, line, atau kata.
Penilaian desain

Interface Sublime Text unggul dari segi estetika.

Dapat digunakan di: Windows, OS X, dan Linux (32/64 bit).

4. Aplikasi Adobe Dreamweaver CC

Dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan teknologi terbesar, Adobe Inc, Adobe Dreamweaver CC merupakan tool editor premium yang powerful dan canggih. Software ini dapat digunakan baik untuk pengembangan back-end maupun front-end. Sebagai software yang closed-source, Dreamweaver dirancang untuk berfungsi di dalam ekosistem Adobe. Adobe menyediakan bantuan, plugin, dan fitur untuk memastkan proses coding berjalan dengan baik.

Dreamweaver adalah salah satu editor yang menjalankan metode tekstual dan juga WYSIWYG. Jadi, Kamu bisa memilih apakah ingin menulis code dengan menampilkan live presentasi atau cara klasik, yakni tidak menggunakan live preview.

Fitur unggulan

Dreamweaver memungkinkan Kamu untuk menulis kode di semua bahasa pemrograman utama.
Menjalankan mode tekstual editor dan juga WYSIWYG editor.
Terintegrasi sepenuhnya dengan ekosistem software Adobe.
Performa yang kuat serta support yang dapat diKamulkan dari Adobe Inc.
Mengapa developer memilih Adobe Dreamweaver CC?

Kode dan preview. Dengan begini, developer dapat menulis kode sambil melihat hasilnya secara live di bagian end.
Mengonfirmasi kode serta kemudahan akses halaman. Adanya keunggulan ini memudahkan para developer untuk mematuhi Web Content Accessibility Guidelines (WCAG).
Akses ke cloud library. Tersedianya akses premium ke sejumlah aset di eksositem Adobe, mulai dari warna, kata, grafis, layer, karakter, dan lain sebagainya.
Penilaian desain

Dreamweaver memiliki tampilan desain yang premium serta berkelas dan juga menarik. Tak heran karena software ini buatan dari Adobe, perusahaan yang namanya sudah melambung tinggi di industri kreatif.

5. WebMaster’s HTML Editor Lite

HTML Editor Lite WebMaster ialah source code editor yang memberikan dukungan file JavaScript, CSS, PHP, dan HTML. Kamu dapat mengubah file text biasa dengan penyandian berlainan.

aplikasi tidak tawarkan banyak feature tambahan, tapi dasar-dasarnya baik sekali. Mereka terhitung penyorotan sintaks, penomoran baris, tombol pengkodean khusus di layar, dan pelacak file bawaan. Ini sediakan support server FTP.

Beberapa fiturnya terdengarannya tidak begitu luas dibanding dengan beberapa editor lain yang hendak kita ulas kelak, tapi pendekatan tanpa embel-embel mempunyai keuntungan: aplikasi ini enteng dan cepat dipakai, menjadikan aplikasi pengkodean HTML yang prima.Versi gratisnya mempunyai beberapa batasan, terhitung support penuntasan kode yang terbatas dan minimnya model pratinjau

 

Originally posted 2023-01-30 18:42:46.