cara dagang di marketplace

Beberapa Cara Memaksimalkan Marketplace Untuk Usaha Kamu

Beberapa Cara Memaksimalkan Marketplace Untuk Usaha Kamu – Bagi para merchants yang menjalankan toko onlinenya sendiri, menjual di situs eBay, Amazon, Rakutem, Sears, dan marketplaces lainnya mungkin akan membingungkan. Sering kali, merchants harus mengadopsi cara berpikir baru atau bahkan model bisnis yang berbeda untuk lebih sukses.

Berikut ini kami berikan 6 tips bagaimana cara untuk meningkatkan visibilitas dan pendapatan dari pihak ketiga (marketplaces). Sebagian merupakan konsep dasar, sebagian lagi merupakan kesempatan/kans baru.

Beberapa Cara Memaksimalkan Marketplace Untuk Usaha Kamu

1. Manfaatkan Fitur Premium Seller

Cara agar marketplace dilihat banyak orang yang pertama ialah dengan memanfaatkan fitur premium seller.

Rata-rata marketplace saat ini menyediakan fitur premium seller yang memungkinkan kamu untuk mempromosikan toko online-mu secara lebih eksklusif.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat di antaranya lapakmu jadi muncul di paling atas, produk lebih sering dipromosikan, mendapatkan promo-promo eksklusif, dan sebagainya.

Sebelum meng-upgrade tokomu, cek dulu fitur-fitur dan keuntungan apa saja yang akan kamu terima sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

2. Gunakan Fitur Ads

Sejumlah marketplace juga menawarkan fitur iklan atau ads sehingga kamu bisa mempromosikan produk yang kamu jual dengan mudah.

Sebelum menerapkan cara agar marketplace dilihat banyak orang yang satu ini, cek dulu karakteristik iklan yang ditawarkan.

Apakah berdasarkan kata kunci, letak iklannya, dan sebagainya. Pertimbangkan juga kapan waktu terbaik untuk beriklan.

Contohnya, jika produkmu ditujukan untuk pekerja, kamu bisa memasang iklan di jam makan siang atau sore hari setelah orang pulang kerja.

Pikirkan juga berapa biaya yang kira-kira perlu kamu sisihkan untuk beriklan. Setiap marketplace memiliki kisaran biaya iklan yang beragam.

Harga yang kamu bayar untuk beriklan di marketplace juga biasanya akan ditentukan berdasarkan jangka waktunya. Misalnya, iklan harian, mingguan, atau bulanan.

Pilihlah harga iklan yang sesuai dengan budget. Selain itu, perhatikan jenis ads yang digunakan agar hasilnya lebih maksimal.

3. Harga Bersaing

Di dalam sebuah marketplace, ada begitu banyak toko online. Beberapa di antaranya mungkin menjual produk yang kurang lebih sama dengan yang kamu jual.

Hanya dengan memasukkan kata kunci, pembeli bisa dengan mudah membandingkan harga suatu produk.

Oleh karena itu, usahakan untuk menawarkan produk dengan harga bersaing.

Hal ini bisa menjadi cara agar marketplace dilihat banyak orang yang efektif.

Namun, perhatikan harga jual yang kamu tetapkan. Sebaiknya, tidak menetapkan harga jual yang terlalu murah atau terlalu mahal.

Jangan juga sampai membanting harga karena nanti pengunjung ragu akan kualitas barangmu.

Pastikan untuk menetapkan harga jual yang masuk akal sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan usaha yang sepadan.

Jika kamu masih bingung dalam menentukan harga jual, coba lakukan riset terlebih dahulu terhadap rentang harga kompetitor.

4. Tawarkan Promo

Cara agar marketplace dilihat banyak orang berikutnya adalah dengan menawarkan berbagai promo. Mulai dari potongan harga, buy 1 get 1, gratis ongkir, paket bundling, dan banyak lagi.

Kebanyakan marketplace juga memiliki jadwal dan fitur promo sendiri yang bisa kamu ikuti.

Apabila pengunjung melihat lapakmu sedang menawarkan berbagai promo, mereka tentu akan semakin tertarik untuk melihat-lihat produk yang kamu tawarkan.

Kamu juga bisa menarik pelanggan baru dengan menawarkan promo untuk first time buyer.

Cara seperti ini akan sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Akan tetapi, pastikan untuk memberikan promo yang menguntungan.

Jangan sampai produk kamu banyak terjual, tetapi jumlah keuntungan yang diperoleh sangat minim atau bahkan berpotensi menyebabkan kerugian.

Jadi, lakukanlah penghitungan terlebih dahulu agar promo yang kamu berikan tidak berdampak buruk pada pendapatan bisnis.

5. Lakukan Riset

Cara agar marketplace dilihat banyak orang berikutnya, yakni coba menerapkan strategi pemasaran dari hasil riset pasar.

Tak ada salahnya untuk mencari tahu produk apa yang paling banyak terjual di marketplace.

Maksimalkan pengeluaran iklan kamu dengan mempelajari item mana yang paling populer di platform tersebut.

Gunakan kategori untuk melihat produk mana yang paling laris. Kamu juga dapat melacak produk populer dengan mengunjungi halaman bisnis yang berbeda.

Hal ini akan sangat membantumu jika menjual produk yang serupa dan pada akhirnya bisa membuat iklan toko milik kamu lebih berhasil.

Karena saat pembeli tertarik dengan iklan yang kamu buat, maka kemungkinan besar bagi mereka untuk membelinya.

Jika ingin membuat toko online kamu tidak hanya dikunjungi banyak orang, tetapi juga menghasilkan lebih banyak penjualan, kamu bisa menjual produk serupa di daftar item terpopuler dengan keunggulan yang lebih baik dibanding kompetitor.

Ketika produkmu lebih bagus dibanding toko online lain, maka ketertarikan pelanggan untuk melakukan pembelian pun akan semakin besar.

6. Promosikan di Platform Lain

Selain melakukan promosi di marketplace, kamu bisa melakukan promosi lebih lanjut di platform lain sebagai cara agar marketplace dilihat banyak orang.

Misalnya di media sosial dan web jualan online agar jangkauannya lebih luas.

Misalnya, jika bisnis online-mu juga memiliki akun media sosial, pasang link menuju ke lapakmu di marketplace pada deskripsi profil sehingga orang yang tertarik untuk membeli bisa langsung mengklik link tersebut.

Begitu pula di website toko online, kamu bisa memasang widget atau link yang mengarahkan pengunjung ke lapak toko online kamu di marketplace.

Cara lain adalah dengan membuat dan membagikan konten pada website toko online-mu, kemudian memasang tombol CTA (call-to-action) yang mengarahkan pengunjung ke marketplace.

Sebaliknya, kamu juga bisa mempromosikan web jualan online-mu dengan mencantumkannya di lapak marketplace kamu sehingga orang yang ingin mengetahui bisnis dan produkmu lebih lanjut bisa mengunjungi website toko online.

Jadi, masing-masing platform berjualan bisa saling mendukung satu sama lainnya.

Untuk memudahkan pengunjung, gunakan jasa pembuatan website e-commerce untuk membuat online shop.

Dengan berjualan di berbagai platform, kamu jadi bisa menarik lebih banyak pengunjung serta memberikan pilihan yang lebih praktis bagi para pelanggan untuk berbelanja.

Originally posted 2023-01-28 22:57:01.