Sebutkan Mad thabi’i yang terdapat pada ayat pertama surat

Sebutkan Mad thabi’i yang terdapat pada ayat pertama surat at-tin​

Lafadz yang mengandung hukum bacaan mad thabi’i di dalam ayat pertama Surah At Tin adalah وَالتِّيْنِ . Pada lafadz وَالتِّيْنِ terdapat hukum bacaan mad thabi’i karena ada huruf berharakat kasrah yaitu huruf ta bertemu setelahnya dengan huruf ya yang memiliki harakat sukun. Sehingga bacaan tersebut dibaca panjang sebanyak 2 harakat atau sebanyak 1 alif.

Pembahasan
Mad asli atau mad thabi’i merupakan salah satu hukum bacaan atau hukum tajwid yang membuat bacaan dibaca panjang sebanyak 2 harakat. Sebab suatu lafadz mengandung hukum bacaan mad asli atau mad thabi’i di dalam mushaf Al Qur’an ada 3 yaitu:

Sebab yang pertama: suatu lafadz mengandung hukum bacaan mad asli atau mad thabi’i jika ada huruf yang berharakat fathah bertemu dengan huruf alif.
Sebab yang kedua: suatu lafadz mengandung hukum bacaan mad asli atau mad thabi’i jika ada huruf yang berharakat kasrah bertemu dengan huruf ya.
Sebab yang ketiga: suatu lafadz mengandung hukum bacaan mad asli atau mad thabi’i jika ada huruf yang berharakat dhammah bertemu dengan huruf waw.