Kalor yang dimiliki oleh sebuah benda bersifat

Kalor yang dimiliki oleh sebuah benda bersifat
A. tetap naik
B. dapat berubah-ubah
C. stabil
D. turun terus ​

Sifat dari kalor yang ada pada benda adalah (B) dapat berubah-ubah.

Pembahasan
Pilihan (B) benar karena kalor yang ada pada suatu benda ini bisa berpindah ke benda lainnya sehingga kalor yang ada pada benda ini berubah-ubah. Perpindahan kalor ini bisa terjadi dengan peristiwa penyerapan atau meningkatkan kalor dan juga melepaskan atau menurunkan kalor.

Pilihan (A), (C), dan (D) salah karena:

Pilihan (A): kalor pada suatu benda akan tetap naik ketika terjadi perpindahan kalor pada benda tersebut. Contohnya adalah kalor pada suatu benda akan tetap naik ketika benda tersebut sedang dipanaskan di atas api yang panas sehingga benda tersebut akan melakukan penyerapan kalor.
Pilihan (C): seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kalor pada suatu benda biisa berpindah-pindah. Maka dari itu, kalor yang ada pada suatu benda pada dasarnya akan terus berubah sesuai dengan kondisi suhu yang ada di sekitar benda tersebut.
Pilihan (D): kalor pada suatu benda akan mengalami penurunan secara terus menerus ketika terjadi pelepasan kalor pada benda tersebut. Pelepasan kalor ini bisa terjadi ketika benda tersebut berada di suhu yang dingin.
Kalor adalah energi panas yang ada pada suatu benda. Energi panas ini pada dasarnya bisa dilepaskan dan juga bisa dipindahkan ke benda lain. Ada beberapa bentuk dari perpindahan kalor yang bisa terjadi pada suatu benda.

Berikut adalah beberapa bentuk dari perpindahan kalor:

Konduksi: perpindahan kalor yang terjadi melalui suatu benda padat namun tidak ada perpindahan zat yang terjadi. Contoh dari perpinndahan kalor secara konduksi adalah suatu benda yang terbuat dari logam akan menjadi panas ketika dipanaskan.
Konveksi: perpindahan kalor yang terjadi pada suatu benda dan diiringi dengan perpindahan zat perantaranya. Contohnya adalah air yang bergerak naik dan turun ketika dipanaskan.
Radiasi: perpindahan kalor yang terjadi tanpa memerlukan perantara apapun. Contoh dari perpindahan kalor secara radiasi ini adalah panas dari matahari yang bisa kita rasakan di dunia dan badan kita menjadi semakin hangat ketika berada di sekitar api unggun.