Dibawah ini yang bukan merupakan objek budaya benda

Dibawah ini yang bukan merupakan objek budaya benda adalah

Berikut ini yang termasuk budaya bukan benda antara lain::

Pantun
Cerita rakyat
Tarian
Upacara adat
Syair, dan lain-lain

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan:

Budaya atau kebudayaan berasal dari serapan bahasa sansekerta adalah buddhi yang memiliki arti akal. Budaya merupakan aspek yang mengandung elemen-elemen dalam kehidupan yang berkenaan bersama dengan budi dan akal manusia. Indonesia memiliki banyak keanekaragaman kebudayaan, baik yang original dari daerah di Indonesia sendiri ataupun modifikasi penggunaan budaya dari warga negara asing yang pada kala itu singgah di Indonesia membawakan budayanya.

Karena keanekaragaman budaya dan keunikan yang dimiliki Indonesia dalam perkembangannya menjadi aset yang hanya dimiliki oleh Negara Indonesia sebagai cagar budaya yang harus dijaga agar tidak punah dari permukaan dan dapat diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya. Budaya Indonesia menjadi identitas bangsa yang menjadi kewajiban seluruh rakyat Indonesia untuk menghormati, menjaga, dan melestarikan agar kebudayaan ini terus ada dan dapat diwariskan. Dalam hal ini, budaya di Indonesia dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yang pertama adalah objek budaya benda dan yang kedua adalah objek budaya bukan benda atau non benda.

Objek budaya benda adalah objek budaya yang berupa barang yang nyata dan ada wujud fisiknya atau yang dapat dirasakan oleh sentuhan. Contoh dari objek budaya benda adalah pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, alat musik tradisional, artefak, dan lain-lain.
Sementara yang dimaksud dengan objek budaya non benda adalah hasil kebudayaan yang sifatnya abstrak berupa karya atau peninggalan yang tidak dalam wujud benda. Contoh dari objek budaya non benda adalah tarian adat, syair, puisi, lagu daerah, upacara adat, dan lain-lain. Biasanya objek budaya non benda berhubungan dengan kebiasaan adat istiadat di suatu daerah yang mencerminkan kehidupan penduduknya dalam berbudaya.
Di tiap daerah, tentu kebudayaan objek benda dan non benda banyak dan seringkali berkesinambungan dan saling memenuhi kebutuhan satu sama lain. Penggunaan objek budaya benda dan non benda dapat mengisi satu sama lain dalam suatu kegiatan, acara, upacara adat, dan lain-lain untuk memeriahkan dan menunjukkan Indonesia yang kaya akan keberagaman budaya.