Sikap yang tidak diperlukan dalam pergaulan yang baik

Sikap yang tidak diperlukan dalam pergaulan yang baik adalah….
A Penampilan bersih rapi
B. Rendah hati
C. Sopan dalam berbicara
D. Senang berbagi
E. Rendah diri​

Berdasarkan pertanyaan tersebut maka sikap yang tidak diperlukan dalam pergaulan adalah sikap rendah diri. Karena rendah diri merupakan sikap negatif yang dapat merusak mental diri sendiri.

Pembahasan

Rendah diri adalah perasaan meremehkan diri sendiri. Orang yang menganggap dirinya rendah dikatakan memiliki harga diri yang rendah. Orang dengan harga diri rendah merasa bahwa mereka tidak memiliki keterampilan yang penting. Seperti yang dikatakan Alder, harga diri rendah berarti perasaan tidak berharga yang diakibatkan oleh ketidakmampuan psikologis atau sosial atau kondisi fisik yang tidak sempurna. Oleh karena itu, berdampak buruk bagi kesehatan mental orang yang sering merasa cemas terhadap lingkungan.

Berikut adalah contoh orang yang mengalami harga diri rendah :

Susie berpikir dia yang paling bodoh karena dia mendapat 5 poin di kelas fisikanya. Padahal, Susie punya kelebihan dan jago olahraga. Ahman merasa menjadi anak termiskin di kelasnya karena sepatu yang dipakainya paling jelek. Bahkan, Ahman memiliki kelebihan dan baik-baik saja.
Berikut cara mengatasi rasa rendah diri:

Setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan. Agar tidak merasa minder, siswa dapat memperhatikan hal-hal berikut:

Terimalah kekurangan dalam diri Anda dengan lapang dada. Siswa harus dapat menerima dan mengakui bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan tidak ada manusia yang sempurna.
Carilah kelebihan Anda. Manfaat yang dimiliki siswa dapat dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi keterampilan yang nyata.