Jelaskan bagaimana ular bisa bergerak

Jelaskan bagaimana ular bisa bergerak

Salah satu ciri khas dari makhluk hidup adalah bergerak. Cara yang digunakan oleh ular bisa bergerak adalah dengan cara melata.

Pembahasan
Bergerak adalah salah satu ciri dari makhluk hidup. Maka dari itu, bisa kita simpulkan bahwa setiap makhluk hidup pada dasarnya akan bergerak meskipun memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan gerakan tersebut. Secara sederhana, binatang yang tidak memiliki kaki seperti ular bergerak dengan cara melata.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Berikut adalah beberapa jenis dari gerakan melata yang bisa dilakukan oleh ular:

Serpentine: salah satu cara yang paling umum digunakan oleh binatang yang tidak memiliki kaki, seperti ular untuk bergerak. Gerakan serpentine ini dilakukan oleh ular dengan cara membentuk tubuhnya menjadi suatu lekukan atau semacam loop dan lekukan ini akan mendorong tubuh ular untuk bergerak ke arah yang diinginkan. Lekukan yang dibentuk tubuh ini juga akan digunakan untuk melewati hambatan, seperti kerikil yang ada di tanah.
Terestrial: gerakan bergerak pada ular yang digunakan ketika ular menemukan adanya hambatan pada jalan yang ingin ular tersebut lewati. Gerakan ini dilakukan dengan cara merapatkan bagian tubuh yang ada di belakang dan kemudian ular akan mendorong tubuh bagian depannya untuk merentang ke arah depan dengan jarak sejauh mungkin.
Rectilinear: jenis gerakan pada ular yang dilakukan dengan cara menggunakan otot di bagian sisi atau pinggir dari bagian tubuh ular tersebut sehingga memungkinkan ular untuk berjalan pada garis lurus. Gerakan ini memiliki tingkat kemiripan dengan gerakan ulat bergerak.
Gerakan berliku: cara bergerak pada ular yang dilakukan dengan cara mengangkat bagian depan tubuh dari ular tersebut lalu meletakkan tubuhnya di bagian samping sehingga membuat badannya terangkat ke bagian samping. Gerakan ini paling sering dilakukan oleh ular-ular yang memiliki habitat di daerah gurun atau berpasir.