Orang yang percaya diri selalu?

Orang yang percaya diri selalu?

Orang yang percaya diri akan selalu yakin akan kemampuan dirinya, memandang segala sesuatu dengan positif dan optimis, tidak ragu dalam mencoba sesuatu yang baru dan senantiasa giat berusaha dengan sungguh-sungguh sebab selalu berkeyakinan dengan usaha optimal maka ia bisa meraih apa yang ia impikan.

» Pembahasan
Dalam islam, percaya diri adalah salah satu wujud nyata dari perilaku terpuji yakni HUSNUDZAN. Husnudzan artinya adalah prasangka baik yang ditujukan pada diri sendiri, pada orang lain juga pada Allah SWT. Sikap percaya diri sendiri adalah sikap husnudzan atas diri sendiri dengan meyakini bahwa dengan memaksimalkan ikhtiar yang disertai dengan tawakal maka hal yang terbaik bagi diri bisa diwujudkan.

Lawan dari husnudzan ini adalah suudzan, yang artinya adalah prasangka buruk. Sama seperti husnudzan, suudzan ini juga terbagi 3 yakni prasangka buruk pada diri, pada orang lain juga kepada Allah SWT. Wujud suudzan atas diri sendiri adalah pesimis, tidak percaya diri, memandang segala sesuatu sebagai kegagalan bahkan sebelum mencoba sekalipun.