Apakah arti last name?

Apakah arti last name?

Dalam bahasa Inggris, ‘last name’ adalah hal yang cukup umum. Kata tersebut memiliki arti sebagai ‘nama belakang’. Hal ini cukup berbeda dengan konsep nama di Indonesia.

Penjelasan:

Konsep nama dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris cukup berbeda. Dalam budaya barat secara umum, atau budaya Inggris khususnya, seseorang selalu memiliki nama depan (first name) nama tengah (middle name), yang jarang diketahui orang kecuali disebutkan dalam gelar atau event tertentu, dan nama belakang (last name or surname).

Misalnya nama pelatih Glasgow Rangers dan eks kapten Liverpool dan timnas Inggris

Steven George Gerrard

‘Gerrard’ adalah nama belakang atau last name, namun hal itu tidak selalu berkaitan dengan nama marga atau keluarga besar, meskipun seringkalu bermakna demikian.

Sementara dalam bahasa Indonesia, nama belakang hanya sekedar nama kecuali di beberapa daerah tertentu yang memiliki kedekatan erat dengan budaya tradisional atau nama marga seperti di Sumatra Utara atau Sulawesi Utara dan Selatan.

misalnya nama penyanyi Indonesia

Marcel Siahaan

Siahaan bisa dikategorikan sebagai nama belakang ‘surname or last name or family name’, karena juga merupakan nama marga.

Namun diluar daerah tersebut nama belakang hanyalah sebatas nama saja. misalnya nama penyanyi Indonesia lainnya

Raisa Andriana

Adriana bukan termasuk ‘surname’.