sebutkan rima puisi ibu pada bait kedua!

1. Apa tema puisi ibu?
2. sebutkan rima puisi “ibu” pada bait kedua!

3.orang yang diungkapkan dalam puisi “ibu” adalah seseorang yang ikhlas dan penuh kasih sayang.pada kalimat apa hal tersebut di syaratkan?

4.bagaimana tipografi pada puisi “ibu”?

5.apa simpulan isi dari puisi”ibu”?

1. Tema puisi ibu adalah kasih sayang seorang ibu

2. Pada bait kedua puisi ibu berima A-A-B-B

3. Ibu adalah seorang yang ikhlas dan penuh kasih sayang. Hal itu diisyaratkan pada kalimat “kau berjuang melahirkanku, agar aku bisa melihat dunia” dan kalimat “terima kasih atas jasamu, yang telah membesarkanku”.

4. Tipografi pada puisi ibu yaitu “Sajak Ibu” adalah penggunaan huruf kecil pada setiap awal barisnya dan kata-kata yang disusun mewujudkan larik-larik panjang dan pendek. Puisi ini memiliki nada lugas

5. Kesimpulan dari puisi ibu adalah ucapan terimakasih seorang anak atas jasa-jasa dan kasih sayang yang diberikan ibu kepada anak tersebut.

Pembahasan
Puisi termasuk kedalam bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait serta baris yang bahasanya terlihat indah dan penuh makna.

Puisi ada dua macam , yaitu puisi lama dan puisi modern. Puisi lama masih sangat terikat dengan jumlah baris, bait, ataupun rima ( sajak ). Puisi lama adalah pantun dan syair.

Puisi modern tidak terikat pada bait, jumlah baris, atau sajak dalam penulisannya. Sehingga puisi modern disebut puisi bebas.