Perbedaan dari Ijazah dan SKHUN adalah

Perbedaan dari Ijazah dan SKHUN adalah

SKHUN adalah dokumen pengganti ijazah dalam proses mendaftar sekolah lanjutan. Apabila ijazah seorang peserta didik belum terbit, maka SKHUN ini bisa menjadi pengganti sementara untuk pendaftaran sekolah. Maka, dapat disimpulkan bahwa SKHUN dan Ijazah adalah dua hal yang berbeda.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan
SKHUN adalah singkatan dari Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional. SKHUN adalah surat yang berisi informasi nilai rata-rata rapor dan Ujian Nasional seorang pelajar. Fungsi dari SKHUN adalah sebagai syarat masuk sekolah tingkat lanjutan sebelum ijazah resmi diterbitkan.

SKHUN juga digunakan oleh orang tua, sekolah, maupun pengelola pendidikan di tingkat pusat dan daerah sebagai bahan evaluasi, baik bagi siswa, orang tua, sekolah, dan tentunya pengelola pendidikan. Isi SKHUN berupa nilai tes, diagnostik untuk perbaikan, kategorisasi, dan deskripsi. Sementara itu, untuk sekolah dan pemerintah daerah akan mendapatkan SKHUN yang berisi posisi sekolah atau daerah terhadap rerata siswa lain di sekolah lain, baik di daerahnya maupun di tingkat nasional.

SKHUN terdiri dari dua lembar, lembar pertama memuat nilai tes masing-masing siswa di tiap mata pelajaran yang diujikan. Tidak hanya itu, lembar ini pun akan memuat nilai UN rerata sekolah, nilai rerata UN secara nasional, dan deskripsi nilai siswa. Adapun deskripsi nilai mencakup empat kategorisasi, yaitu sangat baik, baik, cukup, dan kurang.

Lembar kedua memuat deskripsi kompetensi siswa terhadap komponen-kompen mata pelajaran yang diujikan. Dengan kata lain, deskripsi ini memberikan penjelasan lebih lanjut kepada orang tua, guru tentang angka yang didapat di setiap mata pelajaran UN yang diujikan.