Berikut ini pernyataan yang benar tentang gen

Berikut ini pernyataan yang benar tentang gen adalah..

A. Sebagai penentu sifat yg tidk diwariskan pada turunannya B. Merupakan satuan” kecip penyusun kromosom C. Penentu sifat antara individu yg di wariskan kepada keturunannya D. Merupakan kumpulan dari kromosom

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

 

Pernyataan yang benar tentang gen adalah C. Penentu sifat antara individu yang di wariskan kepada keturunannya. Gen disebut juga DNA merupakan substansi kimia yang menentukan sifat keturunan yang terdapat di dalam lokus kromosom. Gen disebut sebagai zarah pembawa informasi genetik dan mengatur sifat menurun dari genrasi ke generasi. Gen juga berperan mengatur proses metabolisme dan perkembangan pada organisme atau individu.

Pembahasan
Dalam setiap sel organisme terdapat materi atau substansi genetik. Materi genetik juga disebut sebagai asam nukleat atau faktor hereditas. Pada makhluk hidup, materi genetik yang terdiri atas kromosom, gen, DNA, dan RNA akan diturunkan melalui proses reproduksi. Substansi genetik terdapat dalam nukleus, yaitu pada kromosom yang mengandung gen.

Terdapat hubungan dan keterkaitan antara DNA, gen dan kromosom yaitu

DNA—gen – kromosom – nukleus – sel – tubuh individu/organisme

Gen terdiri atas DNA yang terpintal oleh protein histon dan terletak di dalam kromosom, kromosom terletak di dalam inti sel, dan inti sel terletak di sel-sel penyusun tubuh. Sel-sel seluruh tubuh manusia mengandung kromosom yang berasal dari kedua orang tuanya, yang artinya individu tersebut mendapatkan DNA sebagai materi genetik yang hanya berasal dari kedua orang tuanya.

Pelajari lebih lanjut tentang DNA di: brainly.co.id/tugas/24420457.

Gen menempati ruang-ruang tertentu di dalam kromosom yang disebut dengan lokus (kromomer). Setiap kromosom mempunyai ratusan lokus sehingga di dalam sel mengandung ribuan gen yang tersimpan dalam 46 kromosom yang dimiliki manusia. Sepasang kromosom yang homolog memiliki lokus yang bersesuaian dan mengandung gen-gen yang juga bersesuaian, misal pada lokus tertentu sama-sama mengandung gen yang menentukan warna kulit.

Pelajari lebih lanjut tentang kromosom mausia di: brainly.co.id/tugas/24156372.

Susunan dan komposisi gen pada setiap makhluk hidup berbeda-beda dan dikenal dengan istilah genotipe. Genotipe dengan faktor lingkungan akan terekspresi menjadi fenotipe sehingga dapat dilihat. Tiap gen menempati lokus tertentu pada kromosom nomor tertentu sehingga dapat dilakukan pemetaan untuk mengetahui letak gen-gen dengan sifat tertentu yang dikehendaki.